Jumat, 23 Februari 2024

CEK FAKTA

CEK FAKTA: Pendaftaran Gebyar Undian Pesta Poin BNI

Anggara Jiwandhana
Rabu, 17 Januari 2024 21:30:00
Postingan gebyar undian BNI. (Murianews)

Murianews, Kudus – Beredar sebuah informasi yang menarasikan PT Bank Negara Indonesia (BNI) tengah membuka pendaftaran gebyar undian pesta poin BNI.

Informasi tersebut, disebarkan salah satu akun di laman media sosial Facebook pada 14 Januari 2024 kemarin. Dalam unggahan tersebut, disertai foto seperti pemberian hadiah mobil oleh Bank BNI.

Sementara tulisan postingan itu berisikan tulisan sebagai berikut

”Hai sobat BNI..

Dalam rangka merayakan Ulang tahun BNi yg ke 77,Bank BNI mengadakan Pengundian gebyar undian Poin BNI.

Khusus Nasabah (Bank-BNI) yang sudah Mempunyai (Mobile banking atau Sms banking Bni) ayo buruan daftar agar kamu berkesempatan menjadi pemenang Gebyar-Undian-Pesta-Poin (Bank-BNI)

1 Unit Rumah

Mobil

Motor

Emas Murni

Lemari Es

Smartphone

TV

Sepeda gunung

Rice cooker

Info lebih lanjut tentang pendaftaran (Gebyar-Undian) silakan klik menu (Daftar Sekarang) yang telah kami sediah kan Untuk pendaftaran gratis...”

Di postingan tersebut juga menyertakan tulisan laman https://infoib.pics/pesta-poin/bni/?fbclid=IwAR2a284Jp0G1WF_LnY4tL42l_j66vRfy5jFVFEg0ysD__C3ta98gqsfjlhE sebagai link untuk mendaftar gebyar undian pesta poin BNI.

Ketika diklik, tautan link itu akan mengarah pada halaman situs yang menampilkan poster bertuliskan.

”Pesta Poin Tahun Baru 2024

SEGERA AMBIL KUPON ANDA PASTI DAPAT HADIAH NYA, KLIK AMBIL KUPON DISINI”

Penelusuran

Tim Cek Fakta Murianews.com mencoba melakukan penelusuran terhadap kebenaran unggahan tersebut ke sejumlah laman resmi milik Bank BNI serta beberapa postingan di media sosial milik mereka. Salah satunya di akun media sosial milik BNI Kota Medan di @bnimedan.

Di mana dalam postingan tersebut, BNI mengulas tentang maraknya modus penipuan yang mengatasnamakan mereka.

Banyak dari modus penipuan itu, selalu meminta calon korban untuk mengisi nomor telepon, nomor kartu, hingga kode CVV di website. Mereka juga selalu mengiming-imingi hadiah menarik.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

”BNI meminta masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan program undian berhadiah yang marak di media sosial belakangan ini. Terbaru, penipuan program undian berhadiah mengatasnamakan BNI banyak tersebar di media sosial dengan tagline “Gebyar Undian Berhadiah”. BNI memastikan, hal tersebut merupakan PENIPUAN.

Saat ini, BNI tidak ada program undian berhadiah. Adapun link resmi BNI yang dapat diakses untuk mengetahui program-program BNI adalah https://www.bni.co.id/id-id/beranda/promoacara/promoperbankan/articleid/21588.

Oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan program tersebut untuk mengelabui korban dengan cara membawa narasi program yang telah usai tersebut dan menyebarkan link palsu yang ditujukan untuk melakukan penipuan.

Secara teknik modus penipuan yang digunakan oleh pelaku kejahatan tersebut adalah dengan membuat akun palsu mengatasnamakan BNI di Facebook. Kemudian pelaku membuat postingan dengan narasi bahwa adanya gebyar hadiah dari BNI. Dari postingan tersebut, calon korban diarahkan untuk mengeklik website phishing.

Website phishing meminta calon korban untuk mengisi nomor handphone, kredensial kartu debit seperti nomor kartu, expired date, kode CVV, hingga total saldo di rekening. Kemudian diakhiri dengan form pengisian kode OTP. Hal ini dapat menyebabkan kerugian finansial bagi siapa saja yang mengisinya.

Tak jarang, akun palsu mengatasnamakan BNI membuat postingan dengan mengambil konten terbaru dari akun resmi BNI kemudian menyelipkan narasi adanya gebyar hadiah yang mengarah pada website phishing. Oleh karena itu, jika menerima informasi mencurigakan, hubungi BNI Call 1500046 ya BNI Hi-Movers."

Selain itu, dalam akun Instagram resmi Bank Negara Indonesia di @bni46, juga terdapat unggahan yang mengingatkan kita untuk mewaspadai akun media sosial yang mengatasnamakan PT Bank Negara Indonesia. Akun Facebook resmi PT Bank Negara Indonesia adalah 'BNI'.

Dengan demikian, bisa dipastikan jika pengumuman disertai gambar tersebut ialah palsu.

Kesimpulan

Postingan tentang adanya pendaftaran gebyar undian pesta poin BNI yang diunggah sebuah akun di laman Facebook itu dipastikan disinformasi. Unggahan tersebut merupakan sebuah informasi penipuan yang menyesatkan.

Di mana pembuatnya asal mengambil salah satu kegiatan resmi dari Bank BNI kemudian memberikannya sebuah pengumuman palsu.

BNI secara gamblang telah membeberkan modus penipuan yang sering mengatasnamakan Bank BNI. Postingan terserbut, sangat cocok dengan kriteria yang BNI keluarkan. Sehingga dipastikan, postingan tersebut adalah penipuan.

Komentar