Minggu, 3 Desember 2023

Bulog Bakal Impor 2 Juta Ton Beras Sebelum Akhir Tahun Ini

Cholis Anwar
Kamis, 20 Juli 2023 06:41:00
Petugas Bulog Jepara memantau stok beras di gudang. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

Murianews, Jakarta – Perum Bulog telah mengambil langkah strategis dengan mengebut pengadaan impor beras sebanyak 2 juta ton untuk tahun ini. Impor ini pun merupakan bagian dari penugasan untuk memenuhi Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog, Awaludin Iqbal, menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan penugasan tersebut sebelum tahun 2023 berakhir.

”Sebelum akhir tahun penugasan dan izin impor itu diselesaikan,” ujar Iqbal mengutip Bisnis.com, Kamis (20/7/2023).

Data dari Perum Bulog menunjukkan bahwa hingga tanggal 14 Juli 2023, realisasi impor beras telah mencapai 794.825 ton yang dibagi dalam dua tahap. Tahap I telah selesai dengan jumlah 502.798 ton, sementara tahap II sebanyak 292.027 ton yang sebagian masih dalam perjalanan.

Beras impor yang didatangkan berasal dari beberapa negara di Asia, termasuk Vietnam, Thailand, dan Pakistan. Iqbal menjelaskan bahwa rencana impor beras dari India hanya sebagai alternatif apabila pasokan dari tiga negara tersebut mengalami kekurangan.

Pengadaan impor beras 2 juta ton dilakukan oleh Perum Bulog untuk menjaga stok beras pemerintah di gudang tetap berada pada level yang ditentukan, yaitu 1,2 juta ton. Saat ini, Perum Bulog sedang berusaha memenuhi target stok tersebut.

Beras impor yang diperoleh akan dijadikan sebagai CBP yang kemudian akan digunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk dalam menghadapi bencana alam, memberikan bantuan pangan, dan stabilisasi pasokan serta harga pangan.

Namun, Iqbal menegaskan bahwa meskipun beras impor tersebut memiliki kualitas premium, Perum Bulog tidak akan menjualnya ke pasar untuk kebutuhan komersial.

”SPHP untuk ke pasar juga, tapi konteksnya ke pasar itu bukan untuk bisnis tapi konteksnya beras untuk stabilisasi harga,” jelasnya.

Selain mengebut pengadaan impor beras, Perum Bulog juga aktif melakukan penyerapan beras dari petani.

Data yang dirilis oleh Perum Bulog menunjukkan bahwa sepanjang semester I/2023, total penyerapan beras di dalam negeri mencapai 692.571 ton. Angka ini meningkat 25,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang mencapai 550.809 ton.

Komentar