Jumat, 23 Februari 2024

Pemerintah Gratiskan PPN Pembelian Rumah di Bawah Rp 2 Miliar

Cholis Anwar
Selasa, 24 Oktober 2023 14:50:00
Ilustrasi properti. (Freepik)

Murianews, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengumumkan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan kebijakan insentif untuk pembelian properti.

Insentif ini berupa pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah untuk pembelian rumah dengan harga di bawah Rp 2 miliar.

Pengumuman ini dilakukan Airlangga setelah mengadakan rapat terbatas bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga hadir dalam rapat tersebut.

”Abar tadi, Presiden meminta agar dilakukan program PPN yang akan ditanggung pemerintah untuk pembelian rumah atau properti dengan harga di bawah Rp 2 miliar,” ungkap Airlangga dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Selasa (24/10/2023).

Airlangga menjelaskan, pembebasan PPN untuk rumah atau properti baru dengan harga di bawah Rp 2 miliar akan disubsidi oleh pemerintah sebesar 100% hingga bulan Juni tahun depan. Setelah periode tersebut berakhir, pemerintah akan masih menanggung 50% dari total PPN.

”Ini berarti bahwa PPN sebesar 100% akan ditanggung pemerintah hingga bulan Juni tahun depan. Setelah bulan Juni, pemerintah masih akan mengcover 50% dari total PPN,” kata Airlangga.

Tidak hanya pembebasan PPN, pemerintah juga memberikan insentif kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan menyediakan bantuan untuk pengurusan administrasi rumah baru, termasuk Biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) senilai Rp 4 juta. Insentif ini akan berlaku hingga tahun 2024.

”Bagi MBR, pemerintah memberikan bantuan administratif, termasuk BPHTB dan lainnya senilai Rp 4 juta. Insentif ini akan berlaku hingga tahun 2024,” tambah Airlangga.

Komentar