Jumat, 23 Februari 2024

Libur Nataru, 75.000 Tiket Kereta Api Sudah Ludes Terjual

Cholis Anwar
Selasa, 14 November 2023 06:50:00
Ilustrasi pembelian tiket kereta api. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka penjualan tiket Kereta Api (KA) untuk periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Menurut data dari PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, per 13 November 2023, sudah terjual sebanyak 75.000 tiket KA keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Mayoritas pemesanan tiket terjadi untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit, yaitu tanggal 22 dan 23 Desember 2023.

Okupansi rata-rata mencapai 50-60 persen, dengan puncak volume penumpang tercatat pada tanggal 21 Desember 2023, mencapai 60 persen.

Sejumlah kota tujuan menjadi favorit penumpang, termasuk Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung.

Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta, Iwan Eka Putra mengatakan, menyambut angkutan Nataru 2024, KAI Daop 1 Jakarta melakukan inspeksi lintas Cikarang-Cikampek. 8 stasiun diinspeksi, melibatkan Cikarang, Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, dan Cikampek.

Selama inspeksi, tim fokus pada kelengkapan administrasi, fasilitas stasiun, keterampilan petugas, serta infrastruktur perjalanan KA seperti jalur rel, jembatan, wesel, dan identifikasi potensi bahaya di sepanjang jalur KA.

Iwan menegaskan, inspeksi ini bukan hanya berkaitan dengan peralatan kerja, melainkan juga mencakup diskusi, pembinaan, dan arahan kepada petugas dari tingkat Kepala Unit Pelaksana Teknis (KUPT) hingga jajaran lainnya.

”Jajaran Manajemen KAI Daop 1 melakukan inspeksi untuk memastikan bahwa pemeliharaan dan pengendalian risiko keselamatan di area stasiun serta lingkungannya sudah dilaksanakan dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsi,” ujar Iwan mengutip Kompas.com, Selasa (14/11/2023).

Dengan langkah ini, PT KAI berupaya memastikan kelancaran perjalanan dan keselamatan penumpang selama masa libur Nataru.

Komentar