Jumat, 23 Februari 2024

Keren, Inovasi Dua Bersaudara Bikin Sepatu Unik dari Bahan Bekas

Dani Agus
Sabtu, 29 Juli 2023 13:24:00
Produk ekonomi kreatif berupa sepatu dari bahan-bahan bekas. (kemenparekraf)

Murianews, Batam – Bahan bekas yang selama ini dibuang begitu saja ternyata bisa diolah jadi produk bernilai jual. Seperti inovasi dari kakak-beradik Eren dan Rivan yang menghasilkan produk ekonomi kreatif berupa sepatu dari bahan-bahan bekas.

Produk yang dihasilkan dua bersaudara itu berhasil mendapat respon positif. Di mana, produk sepatu dari bahan bekas ini sudah banyak dipakai orang.

Bahkan, Menparekrat Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi produk sepatu dari bahan-bahan bekas itu. Apresiasi itu disampaikan Sandiaga dalam sesi Creative Talkshow Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 yang berlangsung di Mega Mall Batam, (28/07/2023).

Sandiaga mengatakan, Eren dan Rivan menciptakan produk baru dari limbah seperti baju bekas, plastik, hingga karung. ”Jadi bahan-bahan yang sudah menjadi limbah diolah akhirnya menjadi berkah gitu ya,” Sandiaga, dilansir dari laman Kemenparekraf, Sabtu (29/7/2023).

Eren dan Rivan memulai usaha sepatu pada Februari tahun 2023. Eren belajar membuat sepatu dari temannya. Mulai dari membuat upper sepatu, memasang sol, menjahit, sampai strategi pemasaran.

Meski banyak mendapat apresiasi, namun dikatakan Eren usahanya itu tidak berjalan mudah. Saat mencoba live di TikTok untuk memasarkan produknya, jumlah penontonnya hanya sedikit. Kemudian Rivan mencoba membantu dan berhasil menarik perhatian penonton cukup banyak. Sampai akhirnya, dengan modal Rp 100 ribu, kini omzet keduanya dalam sebulan mencapai Rp 10-15 juta.

”Ini salah satu inspirasi bahwa dengan modal Rp1 00 ribu sekarang pendapatannya Rp10 juta per bulan. Mereka dikasih peluang dan sekarang bukannya mereka sulit mencari order, tapi kebanjiran order. Mereka sulit untuk membuatnya karena pembatasan dari modal tersebut,” kata Sandiaga.

Menparekraf mendorong agar Evan dan Rivan memanfaatkan berbagai program dari Kemenparekraf/Baparekraf untuk meningkatkan kualitas produk juga pemasaran seperti akses permodalan. ”Kita punya akses pembiayaan, mudah-mudahan nanti bisa berkembang ke depannya,” sambung Sandiaga.

Sementara Eren mengatakan kini tak sedikit public figure yang tertarik dan memesan produknya. Salah satunya adalah Raffi Ahmad. Eren bahkan sempat membagikan momen saat membuatkan sepatu untuk Raffi Ahmad yang akan digunakan untuk acara anniversary salah satu program televisi. Namun, konten yang dibuatnya ternyata menuai berbagai reaksi.

”Dari komentar negatif, banyak juga yang mendukung kami,” kata Eren.

Senada dengan Eren, sang adik, Rivan tak mempedulikan komentar negatif dari netizen. ”Sama netizen itu yang penting jangan patah semangat, harus rendah hati  dan terpenting harus semangat bikin konten dan harus berjuang sampai sukses ke depannya,” kata Rivan.

 

Komentar