Jumat, 23 Februari 2024

Puluhan Produk Pelaku Ekraf Mejeng di Pameran Kudus Festival 2023

Yuda Auliya Rahman
Sabtu, 9 Desember 2023 15:54:00
Pj Bupati Kudus meninjau stand Kudus Festival 2023 yang memamerkan berbagai ekonomi kreatif di Kudus (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Puluhan produk pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) mejeng di pameran Kudus Festival 2023 exhibition and cultural yang digelar di Balai Jagong Kudus, Sabtu – Minggu (9-10/12/2023). Ada 40 pelaku ekonomi kreatif yang menampilkan produk di stan hingga menampilkan pertunjukan.

Dari stan yang ada, terlihat ada berbagai macam produk, mulai dari kerajinan bambu, fesyen, eco print, hingga ukir gebyok joglo pencu khas Kudus.

Kudus Festival 2023 exhibition and cultural ini secara resmi dibuka Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, Sabtu (9-10/12/2023).

Bergas mengapresiasi kegiatan Kudus festival 2023 yang digelar ini. Apalagi, di momen ini ciri khas seperti pertunjukkan hingga budaya yang dikemas menjadi berbagai produk ekraf dimiliki Kudus juga turut terlibat.

”Untuk mengangkat potensi Kudus memang membutuhkan karakter dan ciri khas. Pasca Covid ini menjadi kegiatan yang baik untuk meningkatkan perekonomian, apalagi ini digelar di weekend,” katanya.

Pihaknya berharap Kudus Festival 2023 akan semakin menyejahterakan masyarakat. Produk-produk ekraf di Kudus bisa semakin dikenal.

”Ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melestarikan budaya, meningkatkan perekonomian dan pariwisata, hingga memberikan hiburan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrikah menyebut, melalui  Kudus Festival 2023 ini, pelaku ekraf bisa mengenalkan produknya secara luas dan membangun jejaring untuk memperluas pemasaran porduknya.

Selain itu, dengan produk ekraf ini juga diharapkan semakin mengenalkan Kudus dan menarik wisatawan datang.

”Ketika wisatawan datang ke Kudus, seperti desa wisata dengan berbagai potensi ekrafnya otomatis akan tercipa multiplayer effect peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Editor: Cholis Anwar

Komentar