Jumat, 23 Februari 2024

Perajin Biola di Kudus Berkembang Berkat Dukungan KUR BRI

Vega Ma'arijil Ula
Senin, 20 November 2023 10:44:00
Perajin biola di Kabupaten Kudus, Ngatmin menunjukkan produk biola di halaman rumahnya di RT 04, RW 03, Desa Japan, Kecamatan Dawe (Murianews/Vega M Ula)

Murianews, Kudus - Ngatmin, seorang perajin biola berasal dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), mengakui jika dirinya telah merasakan manfaat besar dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh Bank BRI.

Sejak tahun 2013 hingga saat ini, Ngatmin telah memanfaatkan KUR BRI sebagai sumber permodalan untuk usaha pembuatan biola yang dijalankannya.

”Sejak 2013 saya sudah memulai pinjam modal KUR BRI sebesar Rp 25 juta dengan angsuran selama tahun. Suku bunganya juga kecil,” kata Ngatmin, Senin (20/11/2023).

Modal pinjaman dari KUR BRI itu, digunakan Ngatmin untuk membeli bahan-bahan seperti kayu dan senar biola.

Ia pun tidak menampik manfaat yang dirasakan setelah mendapatkan pinjaman modal tersebut. Perlahan dirinya bisa mengembangkan sayap dengan merambah pasar yang lebih luas. Bahkan penjualannya bisa tembus di luar Pulau Jawa.  

”Dari segi penjualan, pemasaran biolanya juga semakin meluas. Awalnya hanya di Kabupaten Kudus, kini sudah sampai ke luar kota seperti daerah Karesidenan Pati, Jakarta, dan beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan,” tambahnya.

Karena itu, Ia menyambut baik kontribusi positif dari KUR BRI dalam mendukung pertumbuhan usahanya dan merencanakan kelanjutan pengembangan usaha ke depannya.

Editor: Cholis Anwar

Komentar